Sabtu, 22 Oktober 2011

tips wawancara




HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM WAWANCARA
1.      Pewawancara
Anda dapat berharap untuk diwawancarai oleh salah satu atau lebih perwakilan perusahaan tempat anda mencari pekerjaan. Anda mungkin diwawancarai oleh anggota dari bagian personalia atau supervisor di perusahaan. Perwakilan dari bagian personalia biasanya tidak mempunyai latar belakang teknis dalam menyeleksi para pelamar kerja untuk sejumlah bidang khusus. Pewawancara dipersiapkan untuk membicarakan perusahaan dalam masalah umum, seperti produk, pelayanan, tingkatan gaji, dan keuntungan perusahaan. Mereka tidak dalam posisi untuk menjawab pertanyaan yang bersifat sangat teknis yang berhubungan dengan pekerjaan-pekerjaan khusus. Karena itu, anda seharusnya menghindari pembicaraan tentang atau jargon teknis dalam wawancara personalia.
Perwakilan dari divisi atau unit tempat lowongan kerja bersedia membicarakan masalah pekerjaan dikaitkan dengan aspek-aspek pekerjaan berdasarkan jabatan dalam perusahaan. Orang yang menangani masalah ini adalah praktisi profesional dan kepadanya penggunaan bahasa yang bersifat teknis dan khusus dapat digunakan. Ketahuilah siapa pewawancara anda. Jika tidak, anda akan kehilangan waktu yang berharga atau kesan yang kurang baik dengan  menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang kurang tepat.
2.      Gaya Wawancara
Gaya wawancara yang digunakan oleh pewawancara berbeda-beda. Jenis wawancara yang paling umum adalah 1) stress interview, 2) wawancara pertanyaan dan jawaban, 3) wawancara bebas. Beberapa pewawancara menggunakan satu gaya secara terpisah; pewawancara lainnya menggunakan secara kombinasi. Pengetahuan tentang bagaimana wawancara dilakukan akan membantu mengidentifikasi gaya dan secara bersamaan dapat menyesuaikan jawabannya.
a.       Stress interview
Stress interview digunakan terutama untuk menilai bagaimana menjawab/bereaksi dibawah tekanan. Apakah yang anda katakan seringkali kurang penting dibandingkan bagaimana anda mengatakannya. Pewawancara dapat menggambarkan suatu situasi atau kejadian kritis dan menanyakan bagaimana anda akan mengatasinya. Jenis wawancara seperti ini umumnya digunakan untuk menyeleksi para pelamar pada bidang pekerjaan yang peka misalnya jenis pekerjaan yang berhubungan dengan pelayanan kepada masyarakat, atau hubungan dengan para pelanggan.
b.      Wawancara pertanyaan dan jawaban
Dalam wawancara pertanyaan dan jawaban, pewawancara telah menyiapkan sejumlah pertanyaan. Bentuk pertanyaannya seragam dan semua pelamar ditanyakan dengan pertanyaan seragam dan semua pelamar ditanyakan dengan pertanyaan-pertanyaan yang susunannya sama. Banyak pewawancara profesional, khususnya yang mewakili perusahaan besar dan perusahaan nasional menggunakan gaya wawancara seperti ini.
c.       Wawancara bebas
Wawancara bebas menyerupai jenis wawancara pertanyaan dan jawaban tetapi tidak terstruktur. Wawancara dimulai dengan beberapa pertanyaan umum tetapi rumusan pertanyaan berturut-turut berdasarkan pada jawaban  anda. Ini memberikan anda kesempatan untuk mempengaruhi arah wawancara yang akan dilakukan. 
Beberapa wawancara dapat melompat dari belakang ke depan, dari satu gaya ke gaya lainnya. Jika anda mengetahui apa yang terjadi, anda lebih baik dapat menjawab pertanyaan yang diajukan. Ingat tugas anda adalah untuk memberikan kesan yang baik kepada pewawancara. Pewawancara akan mengontrol hasil akhir dan akan memutuskan siapa yang akan diberi pertimbangan lebih lanjut dan siapa yang akan direkomendasikan atau siapa yang akan diterima.
3.      Tahap-tahap Wawancara
Tanpa memperhatikan gaya wawancara atau jenis wawancara yang dilaksanakan, wawancara akan berkembang melalui 4 (empat) tahap, yaitu pendahuluan, memberi informasi umum, mempersempit fokus, dan penutup.
Pendahuluan- dimulai dengan pembicaraan yang diprakarsai oleh pewawancara. Pewawancara dapat menanyakan beberapa pertanyaan umum atau membuat pangantar umum. Pembukaan umum, misalnya : “Apakah anda mendapatkan kesulitan dalam menemukan tempat parkir?” atau ”Dapatkah sekretaris saya menyediakan segelas kopi?” tujuan pertanyaan ini adalah untuk memberikan kesan santai dengan menciptakan suasana untuk menemukan tingkat komunikasi yang diinginkan.
Memberi informasi umum- pewawancara beralih dari pembicaraan kecil ke informasi umum tentang diri anda dan tentang perusahaan. Anda dapat bertanya dengan mengulas latar belakang, minat, dan tujuan anda melamar pekerjaan. Pewawancara dapat berbicara tentang perusahaan dan tujuannya dengan mencoba untuk menjelaskan kepada anda bahwa perusahaan tersebut adalah perusahaan terkenal dalam bidangnya. Wawancara ini untuk menguji keterampilan mendengar dan berbicara dan memberikan anda informasi tambahan berdasarkan pertanyaan-pertanyaan.
Mempersempit fokus- pewawancara mulai berkonsentrasi pada masalah pekerjaan dan bagaimana anda dapat menyelesaikannya. Anda mempunyai kesempatan untuk menjelaskan keterampilan dan bagaimana melamar untuk persyaratan dan kualifikasi pekerjaan tertentu. Pewawancara dapat menanyakan anda untu memecahkan masalah teknis atau dapat memberikan situasi yang mungkin dan menanyakan bagaimana menghadapinya. Segala usaha anda dalam memilih pekerjaan dan perusahaan akan membantu dalam bagian wawancara ini.
Penutup- pewawancara membuka pembicaraan dengan meringkas apa yang telah diuraikan dan memperjelas aspek-aspek pembicaraan tertentu. Pewawancara mungkin akan menjelaskan bagaimana dan kapan kontak berikutnya dilaksanakan. Ini adalah waktu anda untuk 1) mengungkapkan minat untuk bekerja dan menunjukkan keterampilan anda yang relevan; 2) mengucapkan terima kasih kepada pewawancara untuk kesempatan yang telah diberikan; dan 3) menanyakan kapan dapat mengetahui hasil wawancara jika sebelumnya tidak diberitahu.
4.      Pertanyaan-pertanyaan Yang Sering Diajukan oleh Perusahaan
  • Dapatkah anda bercerita sedikit tentang diri anda?
  • Apa tujuan dan sasaran jangka panjang dan jangka pendek anda?
  • Apa yang telah diperoleh dari pekerjaan lain yang anda kira akan membantu untuk melakukan pekerjaan ini dengan baik?
  • Mengapa memilih karir yang sedang anda persiapan?
  • Apakah anda mempunyai kelemahan yang boleh diketahui?
  • Bagaimana anda menggambarkan tentang diri anda sendiri?
  • Menurut anda, bagaimana seorang teman atau dosen yang kenal baik dengan anda akan menggambarkan diri anda?
  • Mengapa saya harus menerima anda?
  • Mengapa anda melamar pekerjaan ini?
  • Dua atau tiga prestasi apakah yang telah memberikan kepuasan?
  • Jelaskan pengalaman di perguruan tinggi yang paling berharga bagi anda?
  • Mengapa memilih perguruan tinggi anda sekarang?
  • Apa yang mengarahkan anda untuk memilih bidang studi anda?
  • Bidang studi apa di perguruan tinggi yang paling anda sukai? Mengapa?
  • Bidang studi apa di perguruan tinggi yang paling anda tidak sukai? Mengapa?
  • Apakah anda mempunyai rencana untuk melanjutkan studi?
  • Dalam lingkungan kerja seperti apa yang anda paling senangi?
  • Apakah anda aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler?
  • Bagaimana anda bekerja dibawah tekanan?
  • Apakah anda cakap dalam berhitung?
  • Apa yang anda ketahui tentang perusahaan kami?
  • Setelah mengetahui pembagian kerja, apa yang anda kira akan menjadi aspek yang paling menantang dari pekerjaan ini?
  • Apakah masalah utama yang telah anda alami dan bagaimana anda menanganinya?
  • Apa yang telah dipelajari dari kesalahan anda?
  • Apa yang dilakukan (atau apa yang dipelajari) tentang pekerjaan terdahulu anda?
  • Bagaimana anda menggambarkan pekerjaan yang ideal?
  • Pelajaran apa yang anda harapkan dapat diperoleh dari pekerjaan ini?
  • Bagaimana pekerjaan ini akan cocok dengan tujuan anda?
  • Bagimana nilai anda?
  • Tipe supervisor seperti apa yang anda suka?
  • Apakah ada hal-hal lain yang akan diceritakan kepada saya?
5.      Pertanyaan-pertanyaan Yang Mungkin Diajukan Kepada Perusahaan
Adalah hal yang terbaik untuk menyiapkan pertanyaan tentang perusahaan dan/atau pekerjaan tertentu yang anda akan lamar. Untuk hal itu, anda dapat mempertimbangkan beberapa pertanyaan umum berikut. Anda harus siap untuk menanyakan sekurang-kurangnya 3 atau 4 pertanyaan.
  • Mohon anda ceritakan tugas-tugas saya? Atau Mohon anda jelaskan (satu tugas khusus) secara lebih terperinci? (Jika ini tidak dinyatakan dalam perincian pekerjaan atau dijelaskan oleh pewawancara).
  • Apakah saya akan menggunakan komputer? Jika ya, tipe seperti apa? Software atau bahasa program apakah yang akan saya gunakan? Apakah saya akan diberikan pelatihan komputer atau orientasi?
  • Apakah saya akan bekerja secara individu atau sebagai anggota tim?
  • Keterampilan dan kualitas pribadi seperti apa untuk mahasiswa Co-op yang sukses di divisi anda?
  • Menurut anda aspek apa yang paling menantang dari pekerjaan ini?
  • Bagiaman mengevaluasi para mahasiswa Co-op?
  • Jenis pelatihan seperti apakah yang tersedia untuk posisi ini?
  • Berapa banyak mahasiswa Co-op yang bekerja di perusahaan anda?
  • Angka pertumbuhan seperti apa yang perusahaan proyeksikan untuk tahun ini?
  • Bagaimana anda menggambarkan lingkungan kerja untuk mahasiswa Co-op di divisi anda?
  • Apakah perbedaan perusahaan anda dengan perusahaan lainnya?
  • Dapatkan anda menggambarkan kebudayaan perusahaan anda?
JANGAN MENANYAKAN pertanyaan tentang gaji, keuntungan, dan hari libur ketika anda melamar untuk pekerjaan Co-op. Jika anda mempunyai pertanyaan tentang ini, tanyakan pada mereka setelah anda telah ditawarkan posisi.
6.      Persiapan untuk Wawancara
a.       Informasi tentang Perusahaan
Temukanlah beberapa informasi dasar tentang perusahaan sebelum anda pergi untuk wawancara. Anda akan berada dalam posisi yang lebih baik dengan menanyakan pertanyaan-pertanyaan kritis dan akan mempengaruhi pewawancara dengan inisiatif dan pengetahuan anda tentang perusahaan. Sumber-sumber informasi yang dapat dikonsultasi adalah:
  • Koordinator Co-op anda (untuk kesannya tentang perusahaan)
  • Orang-orang yang bekerja atau telah bekerja untuk perusahaan (termasuk para mahasiswa Co-op).
  • Bagian humas atau personalia perusahaan (untuk kepustakaan yang tersedia, seperti laporan tahunan atau laporan berkala perusahaan).
  • Kamar dagang dan industri (Kadin) (untuk informasi berkenaan dengan reputasi perusahaan).
b.      Informasi tentang Pekerjaan
Perusahaan sering mengumumkan lebih banyak kualifikasi pekerjaan yang dibutuhkan dari pada kenyataana sesunguhnya yang akan diterima. Ini seringkali dilakukan sebagai alat pra-seleksi, yaitu untuk mengurangi jumlah pelamar untuk posisi tertentu dengan membuat hambatan yang dibuat-buat. Anda jangan terpengaruh hingga akhirnya putus asa atau mencegah untuk mengejar posisi tertentu di perusahaan. Analisalah pembagian kerja yang ada kemudian sesuaikanlah pengalaman, keterampilan, minat, dan kecakapan anda. Anda mungkin menemukan bahwa beberapa kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan tidak sesuai dengan kinerja kepuasan kerja.
Tonjolkanlah bakat yang dimiliki untuk mengurangi latar belakang pengalaman anda yang terbatas. Berbicaralah dengan orang  yang telah bekerja pada jenis pekerjaan yang sama dalam perusahaan ini atau perusahaan lainnya. Bacalah tentang kategori pekerjaan khusus dalam kepustakaan karir. Dengan langkah berikut ini, anda akan mempunyai informasi tentang sifat pekerjaan, tingkat pendidikan dan/atau pelatihan yang perlu, potensi di masa datang, dan perincian yang berhubungan lainnya.
c.       Mengantisipasi Pertanyaan
Mengantisipasi pertanyaan yang mungkin ditanyakan kepada anda dalam wawancara. Siapkanlah jawaban-jawaban  sebelumnya untuk pertanyaan yang lebih sulit dan sensitif. Juga siapkan pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pewawancara. Bawalah pertanyaan yang tertulis untuk wawancara. Melalui cara itu anda tidak akan lupa untuk menyiapkan segala hal yang dianggap penting.
d.      Berpakaian Secara Sempurna
Berpakaianlah secara sempurna untuk wawancara. Ingatlah bahwa kesan pertama dilakukan dengan penuh perhitungan. Tanyakanlah koordinator Co-op anda untuk saran-sarannya. Anda harus mengganggap bahwa pewawancara mungkin lebih tua dan lebih konservatif daripada anda. Berpakaianlah yang rapi dan bersih. Hindarilah perpakaian yang terlalu modis, jeans, atau parfum yang berlebihan. Jika anda terbiasa pakai make-up, hair spray, atau perhiasan, pakailah seperlunya dalam wawancara. Sebelum meninggalan rumah, perhatikanlah secara khusus penampilan anda.
e.       Tepat Waktu
Datanglah lebih awal. Rencanakanlah datang 15 menit lebih awal. Tanyakanlah oleh siapa anda akan diwawancarai dengan menanyakan pada sekretarisnya kira-kira 5-10 menit dari jadwal janji anda. Jika anda tiba lebih awal dari yang direncakan, tunggulah ditempat untuk beristirahat, di lobi, atau direstoran atau kedai kopi. Kehadiran anda yang datang lebih awal tersebut dapat menyebabkan pewawancara terganggu dan tidak serileks seperti yang anda inginkan. Gunakanlah waktu tunggu untuk memeriksa penampilan, mengulas pertanyaan dan jawaban yang telah disiapkan, amati suasana, dan bacalah setiap kepustakaan perusahaan yang mungkin dipamerkan.
f.       Praktek Keterampilan Berkomunikasi Yang Baik
Hal yang terpenting adalah menggunakan keterampilan berkomunikasi yang baik selama wawancara. Praktekkanlah memainkan peran dengan teman sekelas, teman, atau anggota keluarga. Nilailah keterampilan komunikasi anda sebagai berikut:
  • Berbicaralah dengan jelas, efisien dan efektif. Jelaskan kualifikasi anda kepada pewawancara secara menyeluruh, tetapi ringkas. Jangan “memborong” pembicaraan.
  • Tataplah mata pewawancara perhatikan air muka dan reaksi pewawancara apakah dia masih memperhatikan atau sudah “bosan” dengan uraian anda.
  • Dengarkan dengan seksama. Dengarkan dengan seksama, tanpa gangguan, dan pelihara kontak mata yang baik ketika pewawancara bertanya dan anda menyawab pertanyaan.
  • Hadirkanlah diri anda dalam sikap yang positif. Menampakkan ketertarikan dan berkeinginan untuk memperoleh pekerjaan. Mencoba untuk membuat pernyataan positif.
  • Hindarilah membuat pernyataan negatif tentang perusahaan terdahulu atau tentang pendidikan anda.
  • Hindarilah gangguan verbal dan nonverbal yang tidak perlu. Hindarilah melambaikan tangan, gangguan dengan pulpen atau benda lainnya, duduk membungkuk di kursi, memandang sekitar ruang, dan mengunyah permen karet atau merokok.

LAMPIRAN B
Formulir Penilaian Wawancara
(Perusahaan/Industri)
Pelamar           :                                               Pewawancara              :
Posisi               :                                               Tanggal                       :
NO
KUALIFIKASI
SANGAT BAIK
BAIK
CUKUP
BURUK
1
Ketepatan waktu
2
Pakaian
3
Salam pertama kali
4
Kontak mata
5
Sopan santun
6
Diplomasi
7
Kepercayaan diri
8
Kesanggupan
9
Sikap
10
Keterampilan mendengar
11
Respon terhadap pertanyaan
12
Pengetahuan tentang perusahaan
13
Persiapan
14
Pertanyaan yang baik
15
Minat/antusias terhadap pekerjaan
16
Keterampilan komunikasi lisan
a. Kejelasan/aksen
b. Sikap berekspresi
Penguasaan bidang ilmu
17
Penutup
a. Ucapan terima kasih
b. Ekspresi minat
18
Kesan secara keseluruhan
19
Apakah anda akan mengundang mahasiswa untuk wawancara kedua?
a) Ya  b) Tidak  c) Belum tahu
Komentar :



LAMPIRAN C
PEDOMAN PENILAIAN * (Contoh)
  1. Penilaian meliputi beberapa aspek yaitu :
    1.    Presentasi (hard skills and soft skills) 20%
    2.    Penulisan laporan akhir (soft skills) 20%
    3.    Evaluasi lapangan 60%
  2. Evaluasi lapangan terdiri atas aspek-aspek, yaitu : **(soft skills)
    1.    Disiplin 15%
    2.    Sikap 15%
    3.    Adaptas 10%
    4.    Kreativitas dan Inovasi 20%
  3. Referensi Penilaian :
Penilaian untuk evaluasi lapangan dilakukan minimal satu bulan sekali oleh pembimbing lapangan, sedangkan penilaian presentasi dan penulisan laporan dilakukan pada akhir pelaksanaan, dengan criteria penilaian sebagai berikut:
1.         Presentasi, mencakup : Penyajian, Tanya jawab, Argumentasi
2.         Penulisan laporan, mencakup: Tata tulis, Penyajian laporan, Analisis
3.         Evaluasi lapangan, terdiri dari aspek-aspek :
a.    Disiplin, yang mencakup : Kehadiran, Ketepatan hadir pada jam kerja, Keikutsertaan aktif kegiatan-kegiatan wajib di perusahaan
b.   Sikap, yang mencakup : Tingkah laku, Kepedulian terhadap perintah atasan, Kepedulian terhadap tugas, Kepatuhan
c.    Adaptasi, yang mencakup : Adaptasi terhadap lingkungan (rekan kerja), Adaptasi terhadap pekerjaan
d.   Kreativitas: Penemuan (identifikasi) dan pemecahan masalah di tempat kerja, Pembaruan sistem kerja (yang berbeda dengan yang rutin)
Contoh perhitungan : 


NILAI
BOBOT
NILAI AKHIR


80
0,20
16
1. Presentasi




2. Penulisan laporan




     Tata tulis
80



     Penyajian/presentasi
90



     Analisis
70



     Rata-rata

80
0,20
16
3. Evaluasi (minimal 6 x penilaian)




     Disiplin

80
0,15
12
     Sikap

80
0,15
12
     Adaptasi     

80
0,10
8
     Kreativitas dan inovasi

90
0,20
18


Total
1,00
82
C.  Konversi Nilai

0 = < 40  = E “Buruk”
40 = < 55  = D “Kurang”
55 = < 70  = C “Cukup”
70 = < 80  = B “Baik”
80 = < 100  = A “Baik sekali”
Catatan :
Nilai dibawah C tidak lulus


LAMPIRAN D
Penyetaraan Kegiatan Co-op dengan SKS


Jika kegiatan Co-op diberi SKS maka :

•    Jam SKS Lapangan terdiri : 4 sks teori + 2 sks terstruktur + 3 sks mandiri, perminggu
•    SKS Teori = 50 menit, 4 sks terstruktur = 100 menit, 4 sks mandiri = 150 menit, per minggu
•    Jadi 4 SKS Lapangan = 50 + (2 x 100) + (3 x 150) x 4 menit = 700 menit, per minggu

Jika Co-op dianggap 3 SKS Lapangan, maka harga Co-op = 3 x 700 = 2100 menit per minggu

Perhitungan Semester :
4 Semester = 20 kali tatap muka, maka
4 Semester = 20 x 2100 menit = 42.000 menit atau 42.000 : 60 (menit/jam) = 700 jam

Jika dikerjakan 3 bulan penuh, maka 700 jam : 90 hari = 6,67 jam atau sekitar 7 jam setiap hari.


LAMPIRAN E

CONTOH SURAT KETERANGAN BEKERJA

Kami selaku pimpinan Direktorat  ………… PT ………. menjelaskan sebagai berikut  :

Nama            :   ……………………
Nomor Induk Karyawan    :   ……………………
Mahasiswa Universitas    :  ……………………
Jurusan            :  ……………………

Telah bekerja pada perusahaan kami dari tanggal  ……. sampai dengan tanggal  ……….
Sebagai peserta program Co-op Mahasiswa.

Tugas-tugas yang telah diselesaikan selama periode tersebut adalah :
…………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………….

Mahasiswa peserta program Co-op dalam tugas dan tanggung jawabnya selama bekerja di perusahaan kami telah diperlakukan sama seperti karyawan-karyawan kami.

Demikianlah, surat keterangan ini dikeluarkan sebagai referensi keterangan bekerja.

(Tempat, tanggal/bulan/tahun)


(Pimpinan)




LAMPIRAN F

Mekanisme Kegiatan Program Co-op

Alternatif I :

Penjelasan :
1.    Perencanaan kebutuhan Co-op yang meliputi jenis pekerjaan lama pekerjaan, jumlah, kualifikasi, dan persyaratan lain beserta calon mentor disampaikan perusahaan.
2.    Pengiriman surat tawaran program Co-op beserta persyaratannya ke pimpinan perguruan tinggi.
3.    Surat tawaran dari perusahaan ditawarkan ke fakultas-fakultas/jurusan program studi melalui sekretaris/pejabat yang ditunjuk.
4.    Pengumuman  oleh fakultas di tempel untuk diketahui oleh mahasiswa.
5.    Mahasiswa yang berminat melengkapi persyaratan yang diperlukan dan kemudian menyerahkan berkas tersebut : a. langsung ke “sekretriat Co-op” atau  b. melalui fakultas masing-masing.
6.    Skretariat Co-op atau pejabat yang ditunjuk melakukan :
•    Seleksi administrasi berupa kelengkapan berkas dan persyaratan umum lainnya.
•    Memanggil mahasiswa yang memenuhi syarat untuk itu seleksi intern perguruan tinggi
•    Melaporkan hasil seleksi ke Pimpinan Perguruan Tinggi
7. Mengirimkan nama mahasiswa yang memenuhi syarat dan telah diseleksi secara intern ke Perusahaan
8. Koordinasi perusahaan dengan koordinator/contact person di perguruan tinggi untuk melakukan seleksi tahap akhir oleh perusahaan bersama-sama dengan tim dari perguruan tinggi.
9. Pengumuman hasil seleksi dari perusahaan disampaikan
a.    Kepada Pimpinan Perguruan Tinggi dengan tembusan,
b.    Kepada Mahasiswa.
10. Mahasiswa  berangkat  menuju tempat  bekerja  di  perusahaan  (sesuai petunjuk surat panggilan) dengan membawa surat pengantar dari Pimpinan Perguruan Tinggi.

Alternatif II
Penjelasan :
1.    Perencanaan kebutuhan Co-op yang meliputi jenis pekerjaan lama pekerjaan, jumlah, kualifikasi, dan persyaratan lain beserta calon mentor disampaikan perusahaan.
2.    Pengiriman surat tawaran program Co-op beserta persyaratannya ke pimpinan fakultas/contact person.
3.    Pimpinan fakultas melaporkan tawaran tersebut ke Pimpinan Perguruan Tinggi dan menawarkan langsung ke mahasiswa.
4.    Mahasiswa yang berminat melengkapi persyaratan yang diperlukan dan kemudian menyerahkan berkas tersebut ke Sekretariat program Co-op / Pejabat yang ditunjuk.
5.    Proses seleksi intern perguruan tinggi yang meliputi :
•    Seleksi kelengkapan administrasi dan persyaratan umum lainnya.
•    Seleksi awal bagi mahasiswa yang memenuhi syarat administrasi.
6.    Perusahaan dan contact person di Perguruan Tinggi mengatur waktu dan tempat pelaksanaan seleksi dan sebagainya perusahaan bersama perguruan tinggi. Pemberitahuan hasil seleksi oleh Perusahaan kepada sekretariat program Co-op/contact person.
7.    Mahasiswa berangkat mengikuti program Co-op sesuai dengan divisi yang menerima dengan membawa surat pengantar dari pimpinan fakultas/perguruan tinggi.

Alternatif III :

Penjelasan :
1.    UKM menyampaikan kebutuhan akan pendampingan beserta daftar permasalahan yang dihadapi kepada lembaga pengembangan usaha kecil dan menengah
2.    Lembaga  pengembangan usaha kecil dan menengah menyampaikan kepada Wakil Rektor dan diteruskan kepada Rektor perguruan tinggi.
3.    Pihak lembaga sponsor mengajukan penawaran dan kualifikasi pendampingan
4.    Lembaga pengembangan usaha kecil dan menengah menerima pendelegasian wewenang program dari perguruan tinggi dan memberikan kualifikasi mahasiswa
5.    Pimpinan fakultas melaporkan tawaran tersebut ke Pimpinan Perguruan Tinggi dan menawarkan langsung ke mahasiswa.
6.    Mahasiswa yang berminat melengkapi persyaratan yang diperlukan dan kemudian menyerahkan berkas tersebut kelembaga pengembangan usaha kecil dan menegah.
7.    Proses seleksi intern perguruan tinggi yang meliputi :
•    Seleksi kelengkapan administrasi dan persyaratan umum lainnya.
•    Seleksi awal bagi mahasiswa yang memenuhi syarat administrasi.
8.    Seleksi final dilakukan oleh pihak ketiga berdasarkan persetujuan dari UKM.
  
9.    Perusahaan dan contact person di Perguruan Tinggi mengatur waktu dan tempat pelaksanaan seleksi bersama perguruan tinggi dan lembaga sponsor. Pemberitahuan hasil seleksi oleh tim lembaga pengembangan UKM kepada mahasiswa

10.    Mahasiswa berangkat mengikuti program Co-op sesuai dengan divisi yang menerima dengan membawa surat pengantar dari lembaga pengembangan usaha kecil dan menengah kepada UKM.


LAMPIRAN G
CONTOH

KONTRAK PROGRAM “COOPERATIVE EDUCATION”
ANTARA
PERUSAHAAN DAN PESERTA CO-OP
NO ………./……../………..

Pada hari ini, Senin tanggal 26 September 2001, yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                : Abdurrahman
Jabatan                : Human Reseourcers & General Affair Director
Alamat                : Jl. Raya Menjangan, Cileulenngsi , Bogor
Selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA (Perushaan)

Nama                : Agus Dwisantoso
Tempat/Tanggal lahir        : Wates, 21 September 1988
Alamat                : Jl. Kaliurang, Slemen Yogyakarta
Selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA (Pserta Co-Op)

Kedua belah pihak menerangkan bahwa :
•  PIHAK PERTAMA, menyelenggarakan Program Co-op bagi PIHAK KEDUA yang ingin meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, perilaku dan sikap kerja
•   PIHAK KEDUA, ingin meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, perilaku, dan sikap kerja, oleh karena itu akan mengikuti Program Co-op yang diselenggarakan oleh PIHAK PERTAMA.

Dengan ini PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA sepakat untuk memenuhi ketentuan ketentuan dalam kontrak kerja sebagaimana tercantum dalam pasal-pasal dibawah ini :

Pasal 1
Penerimaan dan Lokasi Peserta Co-op

PIHAK KEDUA menerima PIHAK KEDUA sebagai peserta Program Co-OP dan PIHAK KEDUA menyatakan kesediaan untuk bekerja sebagai peserta.
Program co-op yang dilaksanakan oleh PIHAK PERTAMA di Direktorat SDM PT. Bandung utara yang berlokasi di Diklat, Kawasan industri Bandung Utara Jl. Raya Mnjangan, Cilengsi, Bogor

Pasal 2
Jangka Waktu Program Co-op

1.    Jangka waktu Co-op adalah (……………………) bulan, terhitung sejak tanggal …………………. Dan akan berakhir pada tanggal ……………….
2.    Co-op dilaksanakan pada jam kerja, untuk setiap hari kerja, mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB.

Pasal 3
Jenis Kejuruan

Dalam pelaknsaaan Program Co-op ini jenis kejuruan yang dilaksanakan adalah Jurusan bahasa Inggris (Fasilitator)

Pasal 4
Hak dan Kewajiban Pertama

I.    PIHAK PERTAMA mempunyai hak-hak sebagai berikut :
1.    Memberhentikan PIHAK KEDUA jika melanggar ketentuan yang tercantum dalam kontrak, tanpa kompensasi apapun juga, dalam hal antara lain :
a.    Melakukan kelalaian, walaupun telah mendapat peringatan, serta melakukan tindak yang tidak bertanggung jawab.
b.    Dengan sengaja merusak, merugikan, atau membiarkan dalam bahaya barang PIHAK PERTAMA.
c.    Melakukan tindakan kejahatan, misalnya : berkelahi, mencuri, menggelapkan, menipu, dan membawa serta memperdagangkan barang-barang terlarang, baik di dalam maupun di luar Perusahaan.
d.    Absen atau mangkir tanpa alas an yang sah sesuai dengan peraturan yang berlaku ditempat latihan.
e.    PIHAK KEDUA menggar ketentuan kontrak yang telah disepakati.
2.    Memiliki hasil kerja PIHAK KEDUA selama masa pelaksanaan Co-op di Perusahaan.

II.    PIHAK PERTAMA mempunyai kewajiban-kewajiban sebagai berikut :
a.    Memberikan ha-hak PIHAK KEDUA sesuai dengan pasal 5 ayat (1)
b.    Melaksanakan pelaksanaan Co-op hingga selesai
c.    Memberikan pembinaan dan mengarahkan kepada PIHAK KEDUA
d.    Melakukan evaluasi secara berkala tentang perkembangan PIHAK KEDUA dalam pelaksanaan Co-op.

Pasal 5
Hak dan Kewajiban Pihak Kedua

I.    Selama berlangsungnya Program Co-op, PIHAK KEDUA mempunyai hak-hak sebagai berikut :
a.    Selama masa Program Co-op, PIHAK KEDUA mempunyai hak-hak sebagai berikut :
       •  Uang saku                : Rp.        /bulan
       •  Penggantian Biaya Pemondokan    : Rp.        /bulan
       •  Uang hadir                : Rp.        /bulan
       •  Biaya perjalanan (menggunakan Kereta  Api Senja Utama Yogya)
           - Yogyakarta – Jakarta    : Saat Program Co-op akan dimulai
           - Jakarta – Yogykarta        : Saat Program Co-p selesai
           - Tiga (3) bulan pada saat Program Co-op berjalan
b.    Memperoleh pakaian krja bila diperlukan pakaian kerja khusus
c.    Mendapat jaminan Asuransi sesuai pearturan yang berlaku
d.    Memperoleh Sertifikat Kesertaa Program Co-op.

II.    Kewajiban-kewajiban PIHAK KEDUA
a.    Wajib mengikuti Program Co-op hingga selesai
b.    Wajib mematuhi segala pearturan yang berlaku di perusahaan
c.    Wajib mentaati segala instruksi dari Instruktur/Supervisor diperusahaan
d.    Wajib tidak menuntut untuk dijadikan karyawan di Perusahaan setelah selesai pelatihan Program Co-op sesuai dengan kontrak.
e.    Wajib membuat laporan kerja bulanan

Pasal 6
Kerahasiaan Informasi Perusahaan

PIHAK KEDUA berkewajiban untuk melindungi informasi-informasi penting yang ada di Perusahaan. Bila terjadi kebocoran informasi kepada pihak lain karena unsure kesengajaan atau kelalaian, PIHAK KEDUA bersedia dituntut ke Pengadilan sebagai Tindak Pidana.

Pasal 7
Sanksi

Sewaktu-waktu PIHAK PERTAMA beranggapan bahwa PIHAK KEDUA tidak  mampu dan tidak cocok untuk melaksanakan pekerjaan yang ditugaskan, maka PIHAK PERTAMA dapat mengembalikan  PIHAK KEDUA ke Perguruan Tinggi.

Pasal 8
Perselisihan

JIka terjadi perselisihan antara kedua belah pihak, maka akan diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat, dan jika tidak tercapai penyelesaian, maka kedua belah pihak dapat meminta bantuan dari instansi terkait setempat, untuk penyelesaiannya sesuai hokum yang berlaku.
Pasal 9
Lain-lain

Jika isi ketentuan dalam perjanjian ini ada yang bertentangan dengan hukum atau peraturan yang berlaku, maka isi kontrak ini akan diperbaiki sesuai dengan pearturan/hokum yang berlaku

Pasal 10
Penutup

Perjanjian ini dibuat dan ditanda tangani oleh kedua belah pihak dalam keadaan sadar dan tanpa ada paksaan dari siapapun juga, serta berlaku sejak tanggal ditandatangani dan berakhirnya setelah selesainya Program Co-op.

Cileungsi,
PIHAK KEDUA                            PIHAK PERTAMA
                                                    PT. BANDUNG UTAMA




Agus Dwisantoso                        Abdurrahman


Tidak ada komentar:

Posting Komentar